Kamis, 15 September 2016

KEPALA PERPUSTAKAAN SMP ISLAM AS-SYAFI’IYAH MENGHADIRI LAUNCHING SAUNG BACA SUCI (SUKAMANAH-CIENGANG) KEC. GEGERBITUNG KABUPATEN SUKABUMI BERSAMA KOMUNITAS RUMAH BACA






Minggu, 11 September 2016 Komunitas Rumah Baca, Wilayah Sukabumi terdiri dari: Kang Sandi dari Rumah Baca Cemara (RBC) dan Rumah Sahabat, Pa Fajar dari Rumah Baca Garda Persada dan Kang Roni Fardiansyah dari Rumah Baca Gentong Pasir (Macatongsir)/ Perpustakaan SMP Islam As-Syafi’iyah, Wilayah Bandung terdiri dari: Kang Niki dan Kang teguh dari Rumah Bintang dan Sudut Bumi berkunjung ke Kampung Puncakindah Desa Sukamanah Kec. Gegerbitung Kab. Sukabumi dalam rangka Launching Saung Baca Suci (Sukamanah-Ciengang).  Komunitas Rumah Baca berangkat dari RBC Pukul 08.00 dengan MOMA (Motor Maca), meski perjalanan hanya sekitar 39 Km namun karena kondisi jalanan yang terjal berbatu, berliku-liku dan penuh dengan lubang air maka team baru tiba pukul 10.00 WIB, bahkan beberapa kali MOMA sempat harus didorong di jalan tanjakan. Saung Baca Suci ini diprakarsai oleh Kang Kuswandi, S.Pd beserta keluarga.
Beliau adalah seorang guru di daerah Kalapa Nunggal Kec. Cikidang. Meskipun kesibukan, beda jarak antara kalapa nunggal - Sukamanah dan keterbatasan waktu, namun beliau dan istri serta keluarganya meluangkan waktu untuk melayani masyarakat dengan mempelopori saung baca suci. Ketika ditanya kronologis pendirian Saung Baca Suci, Kang Kuswandi menjawab bahwa pendirian saung baca ini untuk memfasilitasi anak-anak dalam membaca dan menumbuhkan minat baca anak. Keakraban anak-anak zaman sekarang yang terlalu open terhadap gadget dan kekhawatiran jaminan masa depan anak-anak sekitar Sukamanah – Ciengang, menggugah Kang Kuswandi untuk mempelopori Saung Baca Suci di bantu oleh istri dan mertuanya yang seorang ketua RT setempat. Meski pada awalnya ada suara-suara sumbang terhadap rencana kegiatan Saung Baca Suci ini, namun tidak menyurutkan langkah kang Kuswandi untuk mewujudkan mimpinya. Hal itulah yang menjadi motivasi seluruh relawan Rumah Baca untuk ikut berbahagia dengan berkunjung di acara Launching Saung Baca Suci. Contohnya adalah Kang Teguh dan Kang Niki dari Sudut Bumi dan Rumah Bintang, jauh-jauh dari bandung datang sengaja untuk memberikan motivasi dan support terhadap keberlangsungan saung baca suci. Munculnya pendirian dan aktivitas saung baca suci menambah semaraknya gerakan 100 rumah baca di sukabumi.
Selamat datang dan selamat berjuang Saung Baca Suci… Maju terus dan Mari melestarikan budaya Gerakan Literasi, semarakkan Gerakan 100 Rumah Baca Sukabumi.
Salam Literasi….!!!!

1 komentar: